Apa itu Test Potensi Akademik (TPA) ?

February 04, 2017



Tes Potensi Akademik atau biasa disingkat TPA merupakan salah satu tes yang sering diselenggarakan lembaga pendidikan, industri, (perusahaan), maupun pemerintah. Tes ini diselenggarakan guna mengetahui kemampuan akademik dan peserta tes yang akan mengikuti seleksi mahasiswa, karyawan, ataupun Pegawai Negeri Sipil (PNS). Calon mahasiswa strata satu (Si) dan pascasarjana biasanya akan diminta menyelesaikan TPA. Skor TPA yang disyaratkan oleh lembaga penguji ditambah dengan skor tes yang lain menjadi pertimbangan diterima atau tidaknya peserta tes sebagai mahasiswa. OIeh karena itu, peserta tes diharapkan mampu menghimpun skor tes ini setinggi-tingginya.


Demikian pula dengan peserta tes untuk mengisi posisi sebagai karyawan atau pegawai di lembaga pemerintahan, mereka juga diminta untuk mengikuti atau menyelesaikan soal TPA. Skor TPA yang tinggi akan memberikan peluang kepada peserta tes untuk diterima sebagai karyawan/pegawai di lembaga yang diimpikan. Ibarat orang akan bertanding di suatu arena, Ia harus menguasai teknik dan mengetahui kelemahan ataupun kelebihan lawan. Akibatnya, Ia akan siap untuk menguasai arena tersebut.


Tidak berbeda dengan calon peserta TPA, Ia juga harus mengusai materi dan soal yang biasa diujikan dalam TPA sehingga ia bisa sukes dalam menyelesaikan seluruh soal yang diberikan. Begitu pentingnya kesuksesan dalam menyelesaikan TPA bagi calon mahasiswa, calon karyawan, maupu calon pegawai negeri sipil Sehingga dibutuhkan suatu strategi khusus untuk menguasal tes tersebut. Materi yang dibahas meliputi tes kemampuan verbal, tes kemampuan matematika, tes logika, dan tes visualisasi spasial.

Share this

1. Admin tidak bertanggung jawab atas penipuan lowongan kerja.

2. Hindari jika ada yang menjanjikan pekerjaan dengan menyuruh transfer uang.

3. Hindari jika lowongan kerja dengan alamat yang tidak jelas.

4. Hindari informasi lowongan kerja yang meminta bertemu diluar perusahaan.


Lowongan Kerja Terkait

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Comments
0 Comments