Tes Potensi Akademik Kemampuan Verbal

February 20, 2017

1. Tes Persamaan Kata (Sinonim)

Tes persamaan kata atau sinonim ber­tujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengartikan kata sehingga diperoleh persamaan arti dari kata ter­sebut. Melalui tes persamaan kata, keluasan pengetahuan dan wawasan Anda dapat dilihat. Oleh karena itu, ke­biasaan suka membaca buku dan litera­tur sangat mendukung Anda dalam mengerjakan soal tes persamaan kata.

Pada tes persamaan kata, Anda diminta untuk mencari padanan kata pada soal dengan lima kata lainnya. Maka dari itu, diperlukan beberapa tips dan trik dalam mengerjakan soal tes tersebut. Beberapa tips dan trik yang dapat diperlukan an­tara lain:


  1. Jangan memilih kata yang mempunyai bunyi mirip dengan soal. Sebagian besar jawaban yang demikian tidak tepat meski tidak selalu salah.
  2. Gunakan waktu yang tersedia de­ngan sebaik mungkin, cepat, tepat dan teliti.
 
2. Tes Lawan Kata (Antonim)

Tes lawan kata atau antonim bertujuan untuk menilai kemampuan Anda dalam menemukan lawan kata atau lawan arti dari kata yang terdapat pada soal. Se­perti halnya tes persamaan kata, keluas­an pengetahuan dan wawasan sangat mendukung dalam mencari jawaban soal. Dengan demikian, Anda akan mu­dah menemukan jawaban yang sesuai dengan kata yang mempunyai arti ber­lawanan dengan kata pada soal. Tips dan trik yang dapat dilakukan dalam menjawab soal tes lawan kata antara lain sebagai berikut.


  1. Amati kata yang disediakan pada jawaban soal. Selanjutnya, pilihlah beberapa jawaban yang mem­punyai makna berlawanan dengan soal. Terkadang jawaban yang tepat terdapat pada jawaban yang mem­punyai makna berlawanan tersebut.
  2. Utamakan memilih jawaban yang hampir mi rip dengan soal, terutama untuk soal dengan tipe kata ilmiah atau latin.
  3. Jangan salah dengan perintah soal untuk mencari lawan kata dari soal. Biasanya persamaan kata (sinonim) dari soal disertakan pada jawaban. Apalagi soal tes persamaan kata dan lawan kata urutannya berdekatan sehingga memungkinkan kita se­bagai peserta tes kurang konsentrasi dalam berpikir dalam mengerjakan soal. Oleh karenanya, berhati-hati­lah dalam memahami perintah soal dan memilih jawaban yang tepat.
  4. Karena waktu yang diberikan sa­ngat terbatas, maka Anda sebaiknya mengerjakan soal ini dengan cepat dan teliti.
3. Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi)

Tes padanan hubungan kata (analogi) bertujuan menilai kemampuan Anda untuk mengetahui persamaan hubung­an makna antara dua kata. Kemampuan Anda tersebut akan dinilai terutama dalam mengartikan arti kata, fungsi kata, hubungan antarkata, dan pemakaian serta padanan fungsi dengan kata yang lain. Oleh karena itu, daya nalar yang Anda miliki sangat diandalkan dalam menyelesaikan soal tersebut.

Trik dan tips yang dapat dilakukan dalam mengerjakan soal tes padanana hubung­an kata antara lain sebagai berikut.
  1. Carilah hubungan kata pada jawab­an yang akan Anda pilih yang searah atau sejalan dengan kata pada soal.
  2. Carilah kata kunci atau hubungan yang unik dari dua kata atau lebih yang diberikan.
  3. Jika kata dalam soal mempunyai makna atau arti khusus maka hal itu akan memudahkan Anda untuk menemukan hubungan antarkata tersebut dengan tepat. Sebaliknya, jika hubungan antar-kata memiliki makna atau arti yang masih umum maka pilihan jawaban yang tepat dengan soal tidak mudah ditemu­kan.
  4. Jika Anda telah menemukan hubu­ngan kata pada soal dengan kata pada jawaban tetapi Anda belum mengetahui jawaban yang tepat maka Anda dapat membuat kata-ka­ta tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan kata yang telah Anda temukan. Jika dua kalimat tersebut mempunyai makna yang kurang lebih sama maka kata tersebut adalah jawaban­nya. Namun, apabila hal itu berlaku sebaliknya, kata yang Anda buat menjadi kalimat tersebut bukanlah jawabannya. Anda harus memikir­kan kata yang tepat dan menyusun­nya menjadi kalimat.
4. Tes Perbendaharaan dan Pengelompokkan Kata

Tes perbendaharaan dan pengelom­pokan kata bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengelom­pokan kata. Kemampuan Anda tersebut akan diukur dalam hal memahami kesa­maan dan persamaan kata yang terdapat dalam soal. Oleh karena itu, pengayaan kata yang Anda miliki sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal tersebut.

Trik dan tips yang dapat dilakukan dalam mengerjakan soal tes ini antara lain se­bagai berikut. 
  1. Carilah hubungan kata pada setiap jawaban yang akan ada.
  2. Jika menemukan satu kata yang tidak Anda pahami maka segera beralih ke pilihan jawaban yang lain. Jika kata lain termasuk kelom­pok kata yang diinginkan soal, maka kata yang Anda susah pahami tadi pasti bukan kelompok kata yang di­inginkan soal.
  3. Jika Anda telah menemukan hubu­ngan kata pada soal dengan kata pada jawaban tetapi Anda belum mengetahui jawaban yang tepat maka Anda dapat membuat kata-ka­ta tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan kata yang telah Anda temukan. Jika dua kalimat tersebut mempunyai makna yang kurang lebih sama maka kata tersebut adalah jawaban­nya. Namun, apabila hal itu berlaku sebaliknya, kata yang Anda buat menjadi kalimat tersebut bukanlah jawabannya. Anda harus memikir­kan kata yang tepat dan menyusun­nya menjadi kalimat.
Untuk Contoh Soal Klik DISINI

 

Share this

1. Admin tidak bertanggung jawab atas penipuan lowongan kerja.

2. Hindari jika ada yang menjanjikan pekerjaan dengan menyuruh transfer uang.

3. Hindari jika lowongan kerja dengan alamat yang tidak jelas.

4. Hindari informasi lowongan kerja yang meminta bertemu diluar perusahaan.


Lowongan Kerja Terkait

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Comments
0 Comments