Kemungkinan Alasan Tidak Pernah Ada Panggilan Kerja

October 09, 2017
Selamat sore teman-teman pencari kerja kota batam, kali ini admin ingin sharing tentang beberapa alasan yang mungkin membuat teman-teman jarang dapat panggilan kerja, jangankan panggilan kerja, panggilan interview aja gk pernah :-). 
Kadang merasa bosan dan dongkol sendiri jika lamaran yang kita kirim tak ada respon dari perusahaan, padahal kita membuat dan menyiapkan lamaran itu bukannya mudah, yang pasti butuh biaya, waktu dan tenaga. Namun yang terpenting saat ini adalah sabar dan tawakal, teruslah berjuang.

Jadi kali ini kita bahas Apa saja kemungkinan alasan yang membuat kita tidak pernah ada panggilan??, baiklah, kemungkinan itu kita bahas satu-persatu, yang pertama :

1. Administrasi


Sangat jarang perusahaan meminta syarat administrasi secara lengkap, kecuali instantsi pemerintah atau pegawai, pendaftaran calon pegawai instansi pemerintah biasanya meminta syarat asministrasi pertama kali, Contoh : Fc. ijazah, SKCK, Kartu kuning, Surat keterangan belum menikah, Surat kesehatan, foto, surat bebas narkoba, dll. Dari sini perusahaan akan melihat bagaimana sih teman-teman menyikapi tentang syarat2 itu?, 

Sarannya, jika perusahaan meminta berkas administrasi lengkap, maka usahakanlah selengkap mungkin untuk disiapkan, karna syarat administrasi adalah hal pertama yang dinilai oleh perusahaan, ini adalah poin penting bagi teman-teman untuk mendapatkan panggilan insterview atau wawancara, perusahaan biasanya akan mengabaikan berkas administrasi lamaran yang tidak lengkap walaupun skill teman-teman diatas rata-rata, percaya tidak percaya tapi nyata.

2. Fresh Graduated atau Berpengalaman??


Alasan yang kedua adalah, baca baik-baik informasi lowongan kerja tersebut, apakah untuk teman-teman yang baru lulus atau yang sudah berpengalaman??, jika informasi lowongan kerja menyaratkan pengalaman, lebih baik yang baru lulus mundur teratur, kenapa??, karna disini teman-teman yang baru lulus gak bakal menang bersaing dengan orang2 yang memiliki pengalaman dan bersertifikat. Perusahaan sekarang, terutama kota batam, sangat membutuhkan orang-orang yang siap bekerja.

Sarannya, lebih baik pilihlah peruasahaan yang memberi kesempatan kepada pencari kerja yang baru lulus, masih banyak kok lowongan kerja yang meminta tenaga kerja yang baru lulus, ini adalah salah satu teknik batu loncatan, jangan langsung mencari perusahaan yang begaji besar, sabar aja dulu, usahakan cari perusahaan yang bidangnya sama, jadi jika suatu saat ada perusahaan besar (gaji besar), teman-teman sudah siap bersaing dengan yang lain, dan saya yakin pasti menang, karena kita memiliki usia yg masih muda. ingat, pengalaman diatas segala-galanya. 

3. Skill atau Keahlian


Tujuan perusahaan membuka lowongan kerja adalah mencari karyawan yang siap bekerja dan memiliki kemampuan, jadi kalo teman2 cuma mengandalkan ijazah SMA, tukang gorengan depan pasar juga lulusan SMA, tukang jual ayam di pasar juga ada ijazah SMA, heheeee...skip..
Bisa kita lihat sekarang ini, teknologi zaman sekarang udah mulai berubah, terutama anak-anak zaman sekarang, mereka memiliki skill yang luar biasa dari pada zaman2 saya dulu, mereka lahir di zaman teknologi sedang berkembang-kembangnya. Cuma bedanya anak-anak zaman sekarang gak memiliki mental pekerja hhehehhehee Peace...., (gak semua kok min...).
Pada saat melamar kerja, buatlah list keahlian teman-teman, gak perlu banyak-banyak, Contoh : 
  1. Saya bisa mengoperasikan komputer dan mengetik cepat
  2. Saya bisa berbahasa inggris pasif
  3. Saya dapat berkomunikasi dengan lancar
  4. Saya sanggup bekerja dibawah tekanan
  5. Saya sanggup menerima kenyataan (ini berlebihan yaa hahahaaa)
Skill ini adalah pengganti pengalaman buat teman-teman yang baru saja lulus sekolah, so jangan takut buat menulis ini, yakinkan pada perusahaan bahwa kita adalah lulusan terbaik dan siap kerja, hehehheee semangat.

4. Attitude


Yang terakhir adalah Attitude, apa arti ilmu, pengalaman, skill tanpa attitude???? sama dengan 0 besar, mau kita ber IQ tinggi sekalipun, tapi tidak punya attitude, maka sama dengan 0 dimata orang.
Attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia. Attitude itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, Attitude tidak bisa di pelajari atau diajari. Intinya, jadilah manusia yang menyenangkan, rendah hati dan yang pasti slow...

Ok lah, itu aja dulu, capek ngetik dulu, mau menghayal dulu jadi orang kaya... 😂😂😂😂, mana tau besok dapa duit 3M, langsung minta resign dehh..
sampai jumpa semua, jangan lupa berdoa dan serahkan pada yang Diatas.


Share this

1. Admin tidak bertanggung jawab atas penipuan lowongan kerja.

2. Hindari jika ada yang menjanjikan pekerjaan dengan menyuruh transfer uang.

3. Hindari jika lowongan kerja dengan alamat yang tidak jelas.

4. Hindari informasi lowongan kerja yang meminta bertemu diluar perusahaan.


Lowongan Kerja Terkait

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Comments
0 Comments