Selamat malam pencaker kota batam, tetap semangat ya mencari kerja, semua usaha tak ada yang sia-sia, optimis dan jangan lupa berdoa. Sebelumnya saya ingin bertanya, biasanya kalo kirim lamaran kerja melalui apa?? Kantor pos ??, email?? atau antar langsung??, Nah kali ini admin ingin share tentang cara terbaik mengirim lamaran kerja melalui email.
Jaman sudah medern, semua serba elektronik, jadi menurut saya mengirim lamaran melalui surat elektronik atau disingkat (Surel) atau E-mail adalah hal yang paling tepat untuk teman2 semua, kenapa??
- Hemat Biaya, gak perlu beli kertas double folio atau map atau ngeprint di warnet
- Gratis (Modal Internet)
- Fleksibel, Bisa kirim kemana aja (Tentunya tau alamat email tujuan)
- Lebih cepat, dalam hitungan detik (gak perlu sewa transport online)
Itu beberapa keuntungan dari E-mail, Tapiiiiiiiiiii, dalam pengiriman lamaran kerja melalui email juga harus ada tata krama dan etika loh teman-teman, banyak yang harus diperhatikan, bukan hanya sekedar mengirimi pesan, tujuan kita itu untuk melamar, dan kita harus memberi kesan pertama yang sangat baik. jadi, apa aja hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman lamaran kerja melalui email?? berikut saya jelaskan :
Subjek atau Judul
Yang pertama kali harus diperhatikan adalah judul atau subjek. Dalam penulisan email, judul sangat berpengaruh dalam mengirim pesan atau surat lamaran kerja, masih banyak pelamar kerja yang belum mengerti tentang ini, Penulisan judul atau subjek yang baik adalah memberikan informasi dan lampiran yang terkait, Contoh : Surat Lamaran Kerja (Posisi : Quality Control) a.n Ramadani, contoh diatas itu simpel, tapi memberikan informasi yang sangat jelas terkait, bukan asal-asalan dan juga terlihat profesional. Masih banyak yang mebuat judul seperti :
- Surat Lamaran Kerja Ramadani (posisi gak disebut)
- Lamaran kerja Ramadani (ini lebih parah)
- LAMARAN KERJA RAMADANI (kayak orang marah)
- Lmran krja (disingkat biar hemat pulsa) hehehhee
- Lamaran kerja QC (QC = gak tau kepanjangannya, yang penting lamar)
- lamaran nikah untuk anak bapak (ini salah judul) hahhahaaaa dan masih banyak lagi.
Kali ini paham yaa, judul harus di perhatikan.
Isi Email
Nah ini juga penting ni, masih banyak yang kirim lamaran (walaupun judul udah bagus dan sempurna) tapi isi emailnya gak ada tulisan, cuma lampiran doang, lu kira ini perusahaan nenek moyang lu?? heheheee, teman-teman, perlu diketahui, setiap ada judul, pasti ada pembuka, isi dan penutup, sama seperti teman-teman menulis lamaran kerja di kertas folio. Ketiklah tulisan pembuka dan data diri teman-teman secara singkat, toh kalo salah bisa di koreksi kok, gk perlu penghapus, gak perlu tipe-x, apa salahnya ceritain sedikit pengalaman kerja teman-teman di dalam isi email tersebut.
Contoh :
Attachment atau Lampiran file
Ini adalah salah satu yang sangat-sangat perlu diperhatikan, kadang banyak pelamar yang gak tau diri, yang mengirimkan lampiran berkapasitas luar biasa... hahahaaa, ada yang sampai 10 Mb, 5 mb, 3 mb..., brooooo, lampiran juga harus diperhatikan saat mengirim lamaran melalui email, perusahaan juga gak mau download lampiran yang sampe 10 mb (emang lu siapa??), (Kecuali lu mau belikan quota internet untuk perusahaan tersebut, Contoh : Berikut saya lampirkan kartu internet untuk download lampiran saya hahaaha). Maksimal lampiran adalah 1 mb, kalo bisa dibawahnya, ini menjadi nilai plus buat teman2.
Tips yang lain :
- Kirimlah lamaran pada pagi atau siang, hari kerja (jangan tengah malam atau subuh, atau pagi hari raya)
- Lampirkan lampiran yang perlu dan sebagai bahan pertimbangan (Ijazah,KTP,SKCK,CV,)
- Jangan mengirim lamaran sekaligus atau sekali banyak dengan email, teman2 juga harus tau SPAM, Gmail atau Yahoo juga punya batasan, jika teman2 kirim lamaran sekali banyak ke email perusahaan, dan isi email tersebut sama, maka jangan harap perusahaan akan membaca email teman2, karna email yang teman2 kirim itu akan masuk ke SPAM
Oke itu saja tips dan trik mengirim lamaran melalui email, dibaca baik-baik ya..., Jangan lupa berdoa dan tetap berusaha. Sampai jumpa lagi...